RSS

Belajar Membuat Brosur [19 Januari 2013]

AlhamduliLLah, Sabtu, 19 Januari 2013 yang lalu, Pak Rey Arifin menyampaikan bagaimana cara membuat brosur. Inilah ulasan singkat mengenai pertemuan kemarin :

Ini adalah Brosur untuk Contoh hasil buatan Pak Rey Arifin :



Sebelum praktikum, Pak Rey juga sempat menyampaikan beberapa hal berikut ini :

Belajar Membuat Facebook Bisnis
Hingga saat ini, facebook adalah situs jejaring sosial terbesar se-dunia. Oleh sebab itu, Pak Rey menugaskan setiap Siswa Kelas DG untuk membuat Facebook Bisnis, yakni yang digunakan untuk belajar berbisnis mulai saat ini. Di sisi lain facebook ini nantinya juga digunakan untuk mengupload tugas-tugas dari Pak Rey di sebuah Grup DG, fungsinya agar antara siswa satu dengan yang lainnya bisa saling belajar dengan melihat hasil karya temannya, termasuk Pak Rey lebih mudah dalam memberikan nilai dan komentar yang bisa dibaca oleh semua siswa.


3 Tahapan Pembuatan Brosur :

1. Pra Produksi
- Ide/Konsep yakni sesuaikan dengan Profil Usaha, ini meliputi Tema Brosur dan Nuansa Brosur.
- Tentukan Segmentasi (Target pembaca brosur), ini untuk menentukan warna dan jenis huruf yang digunakan nanti.

2. Produksi
- Desain di Adobe Photoshop & CorelDRAW
- Proses Cetak di CorelDRAW

3. Pasca Produksi
- Penyebaran, bisa disebarkan di lokasi yang bersangkutan, bisa di lampu merah, di pasar, atau di tempat dimana orang-orang berkumpul.

Kita akan membuat Brosur berjumlah 2 halaman yakni :
  • Halaman 1 berisi : Nama Tempat, Alamat, Foto Eksterior, Foto Interior, Foto Makanan/Minuman, Teks Penjelasan Foto Kecil, dan Kata Unik / Promosi.
  • Halaman 2 berisi : Daftar Menu dan Peta.



Langkah-Langkah Pembuatan Brosur di Adobe Photoshop :

  1. Buka Adobe Photoshop CS3/CS5
     
  2. Klik File, New, ubah skala menjadi Cm, width 10cm, height 20cm, resolution 200pixels/cm, color mode RGB color 8 bit.
     
  3. Masukkan gambar background ke Adobe Photoshop dengan cara klik kiri tahan dari Windows Explorer ke area tengah Adobe Photoshop. Ingat, warna background harus sama / hampir sama dengan warna cat lokasi / warung yang akan dipromosikan.
     
  4. Perbesar ukuran gambar background dengan cara tekan Ctrl + T pada keyboard, kemudian geser / perbesar bagian pojoknya menggunakan mouse. Silahkan perbesar ukuran background meski skalanya berubah. Setelah diperbesar, double klik pada area gambar untuk OK.
     
  5. Masukkan foto eksterior warung ke dalam Adobe Photoshop, masukkan ke lembar kerja brosur ubah ukuran foto dengan cara tekan Ctrl + T pada keyboard, kemudian tahan shift ketika menggeser bagian pojok foto agar skala tidak berubah.
     
  6. Perbesar tampilan dengan menggeser slide navigator ke arah kanan, klik eraser tool, pilih brush pada ukuran sekitar 800 / hardness 0, dan hapus area atas dan bawah pada foto, geser ke kanan dan ke kiri berulang-ulang hingga sisi atas dan sisi bawah foto eksterior terhapus hingga batas tepi foto tidak nampak lagi.
     
  7. Masukkan foto interior warung, foto makanan, dan foto minuman ke dalam Adobe Photoshop, masukkan ke lembar kerja brosur. Klik move tool, atur tata letak semua foto, dan ubah ukuran seperti cara sebelumnya, ingat sambil tahan shift ketika menggesernya.
     
  8. Beri garis tepi putih dan bayangan pada foto interior dengan cara klik kanan pada layer foto, klik blending option, klik tulisan stroke, ganti warna menjadi putih, geser size menjadi 24. Klik tulisan Drop Shadow, geser ke kanan distance, spread, dan size hingga dilihat bayangan cukup bagus.
     
  9. Copy pengaturan blending option ini ke sebuah foto makanan dengan cara klik kanan pada layer foto interior, klik Copy Layer Style, kemudian klik kanan pada layer foto makanan, klik Paste Layer Style.
    Ubah ukuran stroke bila terlalu tebal. Ingat, semakin kecil foto ukuran stroke (garis tepi) semakin kecil.
     
  10. Copy pengaturan blending option dari foto makanan yang sudah diberi garis tepi ke foto makanan/minuman yang lain. Caranya sama, menggunakan copy layer style seperti sebelumnya.
     
  11. Beri teks/tulisan 'Warung' pada bagian atas, dengan cara klik Horizontal Type Tool, ketik tulisan. Kemudian, klik move tool klik type tool lagi, ubah jenis font teks, pilih yang tebal misalnya 'Tw Cen MT Condensed Extra Bold'. Perbesar ukuran dengan cara tekan Ctrl + T pada keyboard, geser bagian pojoknya boleh tanpa tahan shift. Klik move tool klik type tool lagi, beri teks/tulisan 'Nama Warung' di bagian bawahnya, atur tata letak dan ukuran menggunakan move tool lagi.
     
  12. Hias teks/tulisan 'Warung dan Nama Warung' dengan cara klik kanan pada layer tulisan, klik Blending Option, klik tulisan Gradient Overlay, klik pada kolom warna Gradient, double klik pada panah warna, ganti yang sebelah kiri menjadi warna orange gelap dan yang sebelah kanan menjadi warna kuning gelap. Beri garis tepi warna putih menggunakan stroke. Beri bayangan menggunakan Drop Shadow, geser ke kanan distance, spread, dan size hingga dilihat bayangan cukup bagus. Copy pengaturan blending option dari satu teks ke teks yang lain menggunakan Copy layer style namun edit lagi nanti bila ukuran teks tidak sama.
     
  13. Ketik teks/tulisan Alamat warung di bawah nama warung.
     
  14. Ketik teks/tulisan keterangan untuk foto interior dan foto makanan, ganti warna menjadi putih, dan beri garis tepi warna hitam.

  15. Ketik teks/tulisan kata-kata unik pada bagian bawah sendiri, berukuran yang besar seperti nama warung. Hias juga yang bagus pada pengaturan Blending Option.

  16. Selesai. Klik File - Save As, simpan dalam format PSD. Klik File - Save As, simpan dalam format JPG, buat kualitas maksimum (12) untuk data JPG yang akan di print nanti, buat kualitas minimum (0) untuk data JPG yang diupload di internet (facebook).

    SELAMAT BERKARYA...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Eh.. Comment yuuk.. klik di sini (0)

Persiapan Membuat Brosur [12 Januari 2013]

AlhamduliLLah...
Pada Sabtu ini, 12 Januari 2013 Pak Rey kembali mendidik di Kelas Desain Grafis, School Empowering Program, SMA Islam Kepanjen.

Ada 2 sesi yang disampaikan Pak Rey kepada semua Siswa-Siswi, yakni sesi Motivasi dan Persiapan Praktikum Minggu Depan, Membuat Brosur.

Motivasi :
Dalam sesi Motivasi Pak Rey menyampaikan "Masalah adalah Pendewasaan". Setiap orang pasti akan diberikan masalah sebagai ujian hidup dari ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala. Setiap masalah yang datang adalah pendewasaan bagi kita. Perbedaan yang dewasa dan yang kurang dewasa dalam menghadapi masalah adalah dari sudut pandang kita menyikapi masalah. Apakah hanya satu sudut pandang saja, atau dari banyak sudut pandang. Semoga motivasi yang telah disampaikan Pak Rey bermanfaat.. Amiin....

Papan kiri, berisi penjelasan Motivasi yang sangat detail oleh Pak Rey.

Persiapan Praktikum Minggu Depan :
Pada praktikum minggu depan, Sabtu, 19 Januari 2013, InsyaALLAH Pak Rey akan menyampaikan cara membuat brosur berukuran 10cm x 20cm menggunakan Adobe Photoshop dan CorelDRAW. Untuk itu sebelum pertemuan minggu depan, Siswa-Siswi harus sudah menyelesaikan tugas di bawah ini :

1. Harus punya Facebook dengan foto asli yang sopan/perempuan berjilbab, kemudian bergabung di Grup DG klik : https://www.facebook.com/groups/designgraphics, dan Upload File JPG Kartu Nama yang telah kita buat pada Semester lalu di Grup DG, beri Nama Lengkap dan Kelas. Dan ingat, semakin mendekati Sabtu depan, nilai untuk kartu nama akan semakin berkurang, nilai juga tergantung kualitas kartu nama tentu saja.

2. Cari beberapa gambar di bawah ini dari Google.co.id bagian gambar :
- 1 buah foto Eksterior (tampak luar), silahkan cari dengan kata kunci : Warung, Rumah Makan
- 1 buah foto Interior (dalam ruangan), silahkan cari dengan kata kunci : Warung, Rumah Makan
- 4 buah foto makanan, silahkan cari dengan kata kunci : Soto, Rawon, Nasi Goreng, dll.
- 2 buah foto minuman, silahkan cari dengan kata kunci : Es Teh, Es Jeruk, Kopi, dll.
- 2 buah gambar background, cari dengan kata kunci : Background Yellow, Background Orange, Background Brown, dll, cari warna yang cerah.

3. Bawa Brosur untuk contoh, brosur apa saja asal bisa untuk contoh, usahakan yang berwarna.

4. Cari ide kata-kata promosi yang menarik / unik untuk brosur warung/ rumah makan yang kita buat minggu depan.

Papan kanan, berisi penjelasan tugas untuk minggu depan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Eh.. Comment yuuk.. klik di sini (0)