RSS

Mengatur Tumpukan Objek di CorelDRAW

Bila kita menjumpai beberapa objek yang tertumpuk tidak sesuai yang kita inginkan, maka kita tinggal mengaturnya dengan cara sebagai berikut :

Misalnya, saya punya 3 buah kotak yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Dan saya ingin kotak berwarna merah saya taruh di atas kotak kuning.

Caranya...


1. Klik kanan pada kotak merah, arahkan ke Order, pilih Forward One.

Oke, sebelumnya saya jelaskan dulu apa saja fungsi dari beberapa opsi menu tersebut :

  • To Front of Page : Ditaruh pada posisi paling atas dari semua objek yang ada di halaman kertas.
  • To Front of Layers : Ditaruh pada posisi paling atas dari beberapa objek yang ada di sekitarnya.
  • Forward One : Ke atas satu objek.
  • In front of... : Mau ditaruh di atas mana ?

  • To Back of Page : Ditaruh pada posisi paling bawah dari semua objek yang ada di halaman kertas.
  • To Back of Layers : Ditaruh pada posisi paling bawah dari beberapa objek yang ada di sekitarnya.
  • Back One : Ke bawah satu objek.
  • Behind... : Mau ditaruh di bawah mana ?


2. Maka Kotak Merah pun langsung berada di atas kotak warna kuning, dan masih berada di bawah kotak hijau karena hanya forward one (ke atas satu objek).


3. Lalu setelah merah berada di tengah-tengah tadi, saya ingin kembalikan ke belakang lagi. Maka saya tinggal Klik kanan pada kotak merah, saya arahkan ke Order, saya pilih Back One.


4. Tuh kan... berhasil kembali ke awal kan ? ^^


5. Sekarang merah akan saya taruh pada posisi paling atas, saya tinggal pilih To Front of Page.


6. Tara.... berhasil lagi deh... sekarang kotak merah benar-benar pada posisi paling atas lho...


Nah, kalau ingin mengembalikan lagi ke paling bawah tinggal di pilih To Back of Page deh... dan seterusnya... silahkan di atur tumpukan beberapa objek yang ada sesuai yang kita inginkan, oke.. Selamat berjuang untuk terus belajar...

NB :
Oh ya, ingat ya...
- Bila kita membuat objek dalam jumlah banyak di CorelDRAW maka tumpukan paling bawah adalah objek yang paling pertama (paling awal) kita buat, kemudian tumpukan berikutnya dan berikutnya, sampai posisi paling atas berarti adalah objek yang paling terakhir kita buat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar