RSS

Membuat Denah Lokasi untuk Brosur [2 Februari 2013]


BismiLLah... hari ini Pak Rey mengajarkan kepasa semua Siswa bagaimana caranya membuat denah lokasi di CorelDRAW. Berikut ini bermacam-macam icon yang bisa Anda download untuk membuat denah.



Cara Membuat Denah Lokasi menggunakan CorelDRAW

  1. Buka CorelDRAW, klik file -> New untuk membuat lembar kerja baru
  2. Buat persegi panjang untuk badan jalan pertama, dengan cara klik Rectangle Tool, kemudian klik tahan geser di lembar kerja.
  3. Copy persegi panjang hingga berjumlah jalan yang diinginkan, caranya klik kanan tahan pada persegi panjang - geser - klik copy here. Ingat lebar jalan untuk jalan kampung harus lebih kecil dari jalan raya.
  4. Atur dan sambung-sambung persegi panjang tadi menjadi sebuah bagian denah, cara menegakkan persegi panjang tinggal klik Pick Tool, kemudian di klik pada persegi panjang, di klik lagi, geser panah melengkung dipojoknya sambil tahan Ctrl pada keyboard.
  5. Setelah selesai digabung, block semuanya, caranya klik tahan di area luar gambar dari pojok atas ke pojok bawah seluruhnya. Setelah terblock semuanya, klik Weld pada bagian property bar di atas.
  6. Setelah garis tersambung semua menjadi denah, pertebal garis dengan cara klik Outline tool, klik Outline Pen Dialog, pilih ketebalan 4,0 pt, klik OK.
  7. Masukkan semua gambar sebagai pelengkap seperti gambar rumah, rel kereta api, dll.
  8. Beri teks dengan cara klik Text Tool. Untuk menegakkan tulisan caranya sama dengan menegakkan persegi panjang tadi, klik menggunakan pick tool, di klik lagi, geser panah melengkungnya ke atas sambil tahan Ctrl pada keyboard. Copy teks dengan cara klik kanan tahan - geser - klik copy here.
  9. Beri lambang Utara dengan cara klik tahan pada Basic Shapes (di atasnya text tool) pilih Arrow Shapes, pilih lambang panah yang ke atas pada bagian property bar di atas, klik tahan geser pada lembar kerja untuk membuat panah, geser point warna merah di panah tersebut ke bawah agar ujung panah terlihat lebih besar, pertebal garis menjadi 4 pt, beri teks U di tengahnya menggunakan text tool, beri teks Utara di bawahnya.
  10. Beri garis tepi di sekeliling gambar dengan cara yang sama yakni klik Rectangle Tool, buat persegi, dan pertebal menjadi 4 pt.
  11. Selesai. Klik File, klik Save As, simpan dalam format CDR, Klik File, klik Export - ganti tipe file ke JPG-JPEG Bitmaps, simpan dalam format JPG, klik Ok, klik Ok.

NB : Bila ingin membuat sungai, caranya sama dengan membuat jalan, namun buat setelah gambar jalan selesai digabungkan. Buat persegi memanjang, klik kiri warna biru, klik kanan pada persegi 'sungai' tersebut klik Order, klik To Back untuk membuatnya berada di paling bawah, setelah itu klik pada gambar jalan, klik kiri warna putih agar gambar jalan menutupi gambar sungai.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Catatan Harianku mengatakan...

matur nuwon ...
Toko Mainan Anak Online
Toko Pakaian Online

Unknown mengatakan...

terimakasih atas artikelnya. sangat bermanfaat :))

Kemeja Murah mengatakan...

sip mantap gan
mampir juga nih di toko ane

williamdoty mengatakan...

Leading society an expected level of effort permits the gaining organization to evaluate social similarity with the objective firm. Social similarity and each of its consequences should be seen totally to guarantee a IN simwetrust M&A. The writing on M&A movement utilized familial similitudes to portray consolidations and acquisitions.

Posting Komentar